Cara Mengatur Perputaran Keuangan Untuk Usaha Bisnis Pulsa

Bisnis apapun jika kita tidak tahu bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik, maka akan berakibat terjadinya kebangkrutan atau kekurangan modal usaha. Termasuk untuk bisnis pulsa ini. Sebagai pebisnis, Anda diwajibkan untuk tahu bagaimana caranya mengatur perputaran uang. Bila seorang pebisnis tidak mampu melakukan hal demikian, pastinya tidak hanya kekurangan modal. Namun justru hal buruk seperti kebangkrutan akan terjadi.

Anda pasti tak menginginkan hal demikian bukan?

Sayangnya, hal tersebut hanya dipahami oleh satu dari sepuluh orang di Indonesia yang melakukan bisnis pulsa. Sehingga mereka merasakan kebangkrutan yang berujung pada berhentinya penjualan pulsa. Melihat dari kejadian di sekitar yang menyebabkan kebangkrutan, tentu ada banyak faktor yang menjadi penyebab. Salah satunya adalah ketidakpintaran dalam mengatur perputaran uang.
Meskipun dikatakan bahwa bisnis pulsa ini hanya menghasilkan recehan dengan untung 3rb sampai 5rb pertransaksi, namun bila kita bisa mengatur perputarannya tentu akan menguntungkan. Keuntungan tersebut tak lantas hanya dalam bentuk uang, namun juga dapat berbentuk meningkatnya jumlah saldo pulsa.

Trik Mengatur Uang Saat Bisnis Pulsa Agar Tetap Lancar


Bila Anda tak ingin kesalahan dalam mengatur perputaran uang menjadi penyebab kegagalan dalam berbisnis, maka sebaiknya lakukan trik ini untuk mengetahui cara mengatur perputaran uang. Kami akan berbagi sedikit informasi bagaimana mengatur perputaran uang bisnis dengan baik :

1.    Pisahkan Uang Pribadi Dan Usaha Pulsa

Ini yang seringkali menjadi penyebab utama kebangkrutan. Terutama untuk pemula yang menganggap usahanya masih kecil sehingga banyak yang mencampurkan uang pribadi dengan usaha. Padahal ini adalah masalah utama, sebab bila digabungkan maka Anda akan kesulitan untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran. Terlebih jika Anda menjadikan bisnis pulsa ini sebagai bisnis sampingan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda memisahkan keduanya. Agar pemasukan dan pengeluaran juga akan jelas.

Baca :5 tips sukses jalankan bisnis pulsa dengan modal minimal

2.    Atur Modal Menjadi Dua Kloter

Cara kedua dalam mengatur keuangan adalah Anda harus mengatur modal. Tanpa adanya modal pastinya bisnis tidak berjalan. Untuk transaksi bisnis pulsa juga tidak bisa berjalan karena modal diperlukan untuk saldo. Atur modal dengan baik untuk menghindari terjadinya kekurangan saldo pulsa. Kekurangan saldo tentunya berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. Lakukan pengontrolan saldo dan segera isi ulang saat saldo yang tersisa tinggal sedikit.

3.    Lakukan Pembukuan Setiap Transaksi

Transaksi pulsa dapat dilakukan kapanpun, dan dimanapun. Biasanya pembayaran dilakukan melalui cash dan ada juga yang transfer. Untuk menghindari hilangnya uang hasil transaksi, lakukanlah pencatatan setiap transaksi yang dilakukan. Pencatatan ini akan membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan baik. Anda juga dapat menghitung berapa keuntungan yang diperoleh yang ditambahkan dengan sisa saldo.

4.    Pisahkan Catatan Untuk Transaksi Yang Berbeda

Untuk mengatur keuangan pulsa selanjutnya Anda juga perlu mengatur pembukuan setiap transaksi yang dilakukan. Misalnya waktu pengisian saldo dibuat catatan yang berbeda dengan tanggal transaksi yang dilakukan.

5.    Berhutanglah Dengan Bijak

Seringkali ketika kekurangan modal, hal yang dilakukan adalah melakukan hutang. Jika hal tersebut terpaksa dilakukan, lakukanlah hutang dengan bijak. Jangan sampai Anda berhutang melebihi dari tanggungan yang dibutuhkan. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada pemasukkan yang didapatkan.

Nah itulah cara bisa dilakukan untuk melakukan perputaran uang saat berbisnis pulsa. Ingat !! Bisnis Anda tergantung bagaimana Anda mengelolanya, meskipun modalnya sedikit jika Anda dapat mengelolanya dengan baik maka hasilnya juga akan maksimal.

0 Response to "Cara Mengatur Perputaran Keuangan Untuk Usaha Bisnis Pulsa"

Post a Comment