Jenis-jenis Mesin Struk Kasir Mini untuk Usaha Konter Pulsa

Mesin struk sangat penting untuk digunakan pada usaha yang melayani transaksi secara langsung seperti toko, restoran, konter pulsa, dan minimarket. Struk merupakan bukti pembelian yang dapat digunakan untuk mengklaim jika ada barang yang rusak, tidak sesuai, atau harganya berbeda dari yang ditampilkan pada produk. Oleh sebab itu, struk dapat menjadi nilai tambah bagi toko atau warung. 

Jenis-jenis Mesin Struk Kasir Mini untuk Usaha Konter Pulsa


Untuk menghasilkan struk, Anda memerlukan mesin struk kasir mini yang dihubungkan ke PC. Berikut ini jenis-jenis mesin struk dan tips memilihnya.

Jenis-jenis Mesin Struk Kasir

Saat ini, terdapat dua jenis teknologi yang digunakan pada mesin struk kasir yaitu dot matrik dan thermal. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Dot Matrik

Mesin cetak ini masih diminati karena harga kertasnya juga lebih murah. Printer dot matrik ditawarkan dalam harga yang lebih murah daripada thermal. Namun, kelemahannya printer ini menimbulkan suara berisik ketika mencetak struk. Printer dot matrik menggunakan teknologi pin head. Kecepatan cetaknya juga lebih lambat. Kelemahan lainnya yaitu jika satu pin head rusak maka harus diganti seluruhnya sehingga biaya perawatannya cukup tinggi.

2. Thermal

Printer thermal harganya lebih mahal, begitu juga kertasnya. Namun, keandalan printer thermal lebih baik dibandingkan dot matrik. Kecepatannya lebih tinggi, kualitas hasil print lebih baik, dan tidak berisik ketika digunakan. Biaya perawatan mesin struk thermal juga lebih murah. Jenis printer ini mencetak tulisan pada kertas dengan cara memanaskannya sehingga kertas berubah warna.

Tips Memilih Printer Kasir yang Sesuai untuk Bisnis PPOB

Sudah mengetahui, jenis-jenis printer struk untuk kasir, Anda perlu mengetahui cara memilih mesin struk yang sesuai untuk bisnis PPOB.

1. Pertimbangkan Kebutuhan

Untuk bisnis kecil seperti konter pulsa dan PPOB sebaiknya memilih printer yang berukuran kecil. Dengan ukuran yang mungil, printer struk dapat ditempatkan di meja kecil, di atas etalase atau di tempat yang mudah dijangkau oleh Anda.

2. Kecepatan Cetak 

Kecepatan cetak printer juga perlu dipertimbangkan jika kios Anda selalu ramai pembeli. Untuk menghindari antrean, sebaiknya memilih mesin struk kasir yang berkecepatan tinggi. 

3. Perhatikan Ukuran dan Kualitas Kertas

Jenis kertas untuk printer berbeda-beda. Ada kertas yang berserat, ada pula yang tidak. Ukuran kertas struk pun berbagai jenis. Ketika memilih kertas, upayakan satu item tidak memerlukan beberapa baris pada cetakan agar lebih efektif.

4. Perawatan

Setelah beberapa waktu digunakan, printer pasti mengalami gangguan atau permasalahan. Pertimbangkan apakah biaya perawatannya masih terjangkau dan jasa servis mudah ditemukan. Jika tidak, maka akan merepotkan Anda ketika printer mengalami kerusakan.

5. Garansi

Garansi adalah salah satu pertimbangan yang penting saat membeli mesin cetak struk. Jika memiliki garansi, Anda tidak perlu keluar biaya lagi saat terdapat kerusakan yang bukan karena kesalahan Anda.

Demikian informasi tentang mesin struk mini kasir. Jadi, ketika Anda sudah memiliki usaha atau baru memulai usaha yang memerlukan struk pembayaran, wajib mempunyai alat tersebut. Jika saat ini belum mempunyai usaha, sangat tepat untuk bergabung bersama Digital Pulsa. Selain menawarkan harga produk lebih murah, server ini juga memberikan fasilitas web report, web gratis untuk promosi, autoreg untuk merekrut downline otomatis, dan cetak struk yang jarang dimiliki oleh server pulsa yang lain. Jangan ragu untuk mendaftar karena pendaftarannya gratis dan tidak ada biaya admin di kemudian hari.

0 Response to " Jenis-jenis Mesin Struk Kasir Mini untuk Usaha Konter Pulsa"

Posting Komentar